Jumat, 28 Januari 2011

Persiapan Tes CPNS 2011-2012

Persiapan matang adalah tuntutan, apalagi tingkat perbandingan yang diterima dan yang gagal terbilang cukup tinggi, belum lagi kebutuhan atau formasi syarat pendidikan.

Ketika syarat administratif terpenuhi, syarat berikutnya adalah kompetensi. Ada yang gagal sekali tes, ada yang mengikuti dua-tiga kali, atau bahkan tidak sedikit yang lulus karena kemampuan menjawab ragam soal yang diteskan.

Gagal CPNS terjadi karane beberapa faktor. Seorang kawan terbentur hanya karena batas usia, padahal ia sudah lulus S2 yang bersamaan dengan bertambahnya umur, barangkali rezeki belum berpihak.

Yang lain, bahkan lebih sering terjadi, kegagalan karena kemampuan mengetes diri. Soal pilihan ganda (multiple choice) biasanya penuh dengan jebakan. Perhitungan inilah yang kerapkali lupa kita atasi.

Trik menjawab pilihan ganda adalah ketepatan dalam memilih satu jawaban di antara beberpa pilihan. KUncinya berpulang pada kita, silakan menguji coba kemampuan, memperkirakan pilihan demi menghindari kegagalan tes CPNS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar