Minggu, 24 April 2011

Passing Grade CPNS

SURABAYA--MICOM: Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jawa Timur akan menerapkan standar minimal kelulusan ('passing grade') dalam rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2011.

"Akibat penerapan passing grade yang ketat itu kemungkinan banyak formasi CPNS yang tidak terisi, tetapi kualitas kelulusan dalam tes dapat dijamin," ujar Kepala BKD Jatim, Akmal Boedianto, di Surabaya, Minggu (24/4).

Standar itu dapat diterapkan dengan menggunakan sistem computer assisted test (CAT) sebagaimana telah dilakukan Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

Ia menjelaskan, passing grade diterapkan mulai tes tulis, wawancara, hingga ujian keterampilan khusus. Sistem itu juga diberlakukan pada tes kompetensi dasar.

"Tahun 2010, BKN dan ANRI saat rekrutmen menerapkan standar minimal kelulusan yang berbeda dengan menerapkan model itu. BKN nilai minimalnya 275, sedangkan ANRI nilai minimal hanya 250," kata Akmal.

Sementara itu, jika dalam rekrutmen CPNS tidak melakukan tes tulis, wawancara, dan keterampilan khusus dan hanya melakukan tes kompetensi dasar, maka kelulusan dapat dilakukan dengan sistem rangking peserta tes sesuai dengan kebutuhan formasi jabatan.

Pada akhir 2011 Pemprov Jatim melakukan rekrutmen CPNS melalui sistem CAT, yaitu suatu metode ujian dengan alat bantu komputer yang digunakan untukmendapatkan standar minimal kompetensi dasar dan standar kompetensi kepegawaian.

Setiap peserta akan mendapatkan soal yang berbeda-beda untuk tingkat kesulitan yang sama, karena bank soal akan diacak oleh aplikasi CAT. Demikian halnya dengan kerahasiaan soal akan terjamin karena tidak memerlukan lembar soal dan lembar jawaban (LJK).

Penilaiannya dilakukan secara objektif dan transparan karena yang memeriksa hasil ujian langsung oleh aplikasi sistem CAT.

Peserta ujian juga dapat memantau sisa waktu yang tersedia melalui layar monitor setiap saat selama ujian berlangsung. Sistem CAT ini didesain semudah mungkin sehingga peserta tes dipastikan dapat mengoperasikannya. Peserta tes juga dapat langsung melihat hasilnya melalui layar komputer. (Ant/rj/X-11)

Sumber: Mediaindonesia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar