Jumat, 12 November 2010

Berantas Percaloan, Seleksi CPNS Diperketat

Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PAN dan RB) E.E. Mangindaan menyatakan bahwa pemerintah akan lebih memperketat proses penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2010. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya meminimalkan praktik percaloan yang kerap terjadi dalam proses penerimaan CPNS.

"Saya kira ini upaya bersama bagaimana memperketat agar tidak ada praktik percaloan dalam penerimaan CPNS," ujar Mangindaan di Kementerian PAN dan RB, Jakarta Selatan, Jumat (12/11).

Mangindaan menjelaskan, berbagai upaya telah ditempuh pihaknya untuk menjaga proses rekrutmen yang sudah berlangsung sekitar dua bulan, baik di tingkat pusat maupun daerah. Salah satu upaya tersebut adalah dengan bekerja sama dengan pihak kepolisian dan berbagai universitas di tanah air.

Pemerintah bertekad kali ini tidak mau kembali kecolongan seperti tahun silam. Tahun lalu tercatat sebanyak 12 kabupaten dan kota yang tersebar dalam empat provinsi terbukti telah melakukan proses percaloan dan penerimaan CPNS yang tidak memenuhi syarat.

"Mudah-mudahan tahun ini tidak ada lagi yang seperti itu. Karena tahun lalu kesulitan saya adalah mengirimkan tim investigasi lantaran banyaknya pengaduan seperti itu. Dan saya kira hal tersebut justru merugikan daerah itu sendiri," lanjutnya berharap.(MRQ/ANS)

Sumber: Liputan6.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar